29 Februari 2024 23:13

Kabupaten Serang,”Warta-Terkini

Pemerintahan Desa Songgom Jaya bersama Kodim 0602 Serang adakan vaksinasi dosis pertama di Aula kantor Desa Songgom Jaya, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang-Banten, Selasa (26/10/2021).

Sebanyak 500 Quota vaksinasi secara geratis dengan merek vaksin AstraZeneca disambut warga Desa Songgom Jaya, dengan antusiasnya pukul 8:30 wib warga sudah banyak mendaftarkan diri.

H. Muhtadi S.H., M.H., selaku kepala Desa Songgom Jaya dihadapan awak media mengatakan bahwa hari ini vaksinasi di Desanya atas kerjasama dengan Kodim 0602 Serang-Banten sebanyak 500 Quota.

” Pemerintah Desa Songgom Jaya bekerjasama dengan TNI Kodim 0602 Serang dalam kegiatan vaksinasi massal secara geratis dosis pertama sebanyak 500 Quota dengan jenis vaksin AstraZeneca, ” Ucap Muhtadi, Selasa, (26/10/2021).

Lanjut Muhtadi bahwa warga Desa Songgom Jaya sangat antusias dengan adanya vaksin tersebut.

” Alhamdulillah warga kami sangat antusias menyambut program kegiatan vaksinasi ini, jam 8 pagi aja aula kantor Desa sudah mulai didatangi warga untuk mengikuti vaksinasi sesuai dengan protokol kesehatan. Vaksin tersebut diberikan kepada sasaran dengan usia minimal 18 tahun sebanyak dua dosis dengan O,5 ml setiap dosisnya secara intramuscular dengan interval 8-12 minggu dari dosis pertama. Berdasarkan rekomendasi WHO tanggal 16 Maret 2021 bahwa efikasi vaksin AstraZeneca terbaik didapatkan pada interval pemberian vaksin 12 minggu (76%), ” Kata Muhtadi.

Sambung Muhtadi bahwa kegiatan vaksinasi tersebut adalah program pemerintah nasional.

” Program vaksinasi ini adalah program nasional yang terus berjalan, yang merupakan upaya negara dalam melindungi masyarakat dari ancaman pandemi Covid-19 dan demi tercapainya kekebalan komunitas atau herd immunity. Vaksin penting untuk membentuk kekebalan tubuh kita melawan penyakit. Ada perawat yang akan mendampingi selama proses vaksin. Jangan takut disuntik ya, karena vaksin aman. Jika ada keluhan setelah vaksin, segera sampaikan ke perawat ya,” Terangnya.

Baca:  Dukung program Pemerintah PT Candra Asri Gelar Vaksinasi di Kecamatan Anyer

Sementara Hudori selaku Sekdes yang didampingi Azis sunarya selaku staf pelaksana kegiatan dihadapan awak media mengatakan bahwa vaksinasi di Desanya melalui beberapa tahapan pemeriksaan.

” Beberapa tahapan pemeriksaan dilalui seluruh peserta vaksin. Mulai dari pendaftaran dengan menunjukkan Kartu Tanda Pengenal (KTP), pengisian data diri peserta vaksin, pemeriksaan tekanan darah, dan pemeriksaan riwayat penyakit. Dokter mengijinkan peserta divaksin apabila hasil asesmen mengindikasikan peserta dalam kondisi sehat dan memenuhi kriteria vaksin. Setelah vaksin, peserta harus menunggu dalam masa observasi pasca vaksin untuk mengetahui adakah keluhan yang dialami setelah vaksin. Program vaksinasi yang kami laksanakan merupakan wujud keseriusan pemerintah dalam mempercepat target vaksinasi nasional, semoga kekebalan imunitas akan lebih cepat tercapai dengan kerjasama seluruh masyarakat, ” ungkapnya(@**Khondoy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *